Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Kapolres Sanggau Pastikan Netralitas Personel Kawal Pemilu 2024


Sanggau, Kalbar. - www.bidiksatunews.com,-Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusuma menegaskan, seluruh personel kepolisian harus bersikap netral dalam mengawal Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.


Penegasan itu disampaikan Kapolres Sanggau saat berhasil disambangi Oleh Wartawan T-9 Kabut Borneo  Kalbar di Polres Sanggau,  pada Kamis 19/09/2024 merupakan himbauan  untuk Personil jajaran Polres Sanggau dan berlaku pada Tiap-tiap Personil Anggota Polsek jajaran Polres Sanggau.


“Netralitas harus dimiliki setiap personel kepolisian di Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 mendatang. Terkait netralitas ini sudah saya sampaikan kepada seluruh personel hingga ke Polsek-Polsek,” ujar Kapolres AKBP Suparno Agus Candra Kusuma


Menambahkan Himbauan juga  penjelasannya  "Netralitas Polri tertuang dalam pasal 10 Ketetapan (TAP) MPR Nomor 7 Tahun 2000 tentang Peran TNI-Polri Sebagai Aparat Pertahanan dan Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pasal tersebut menyebutkan Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan dirinya pada kegiatan politik praktis.


Selain itu, netralitas Polri juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri. Yaitu pada pasal 28 ayat (1), (2) dan (3).


Perpol baru Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Polri juga mengatur hal yang sama. Polri harus bersikap netral di pemilu.


Bahkan, untuk memastikan Netralitas Polri, Divisi Humas Polri juga telah mengeluarkan Penerangan pada tiap satuan Devisi Polri yang berisi panduan netralitas kepolisan pada tahun politik 2024. (Bam's/Mr.Eddy)

Previous
« Prev Post