Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Kader Gerindra Kalteng Sampaikan Tujuh Tuntutan di Depan Kantor DPD

Kalteng, bidiksatunews.com- Palangka Raya – Sejumlah kader dan simpatisan Partai Gerindra Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan aspirasi mereka di depan Kantor DPD Gerindra Kalteng, Jalan Seth Adji, pada Sabtu (27/7/2024).

Dalam aksi yang dipimpin oleh Christian Sancho, mereka mengemukakan tujuh tuntutan utama. Sancho menekankan pentingnya agar DPD Gerindra Kalteng menyampaikan kepada DPP Gerindra untuk mencalonkan putra-putri kader partai dari suku Dayak asli Kalimantan Tengah.

"Berdasarkan rapat koordinasi nasional Partai Gerindra tahun 2024, pilkada mewajibkan mengusung kader partai dan DPP harus konsisten," tegas Sancho.

Menurut Sancho, kader Gerindra Kalteng memiliki integritas, kecerdasan, dan kualitas yang mumpuni untuk menjadi calon kepala daerah seperti gubernur, wali kota, dan bupati. "Kami menolak tegas jika DPP Gerindra merekomendasikan calon dari luar kader partai atau bukan suku Dayak asli, apalagi dari partai lawan di pilpres 2024/2029," ungkapnya.

Sancho menjelaskan bahwa jika tuntutan ini tidak dipenuhi, akan ada aksi penolakan dari pengurus, kader, dan simpatisan terhadap calon yang bukan kader asli Dayak Kalteng. "Kami telah membuktikan dukungan suara terbanyak urutan ketiga secara nasional dengan persentase 72,5 persen untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka) periode 2024-2029," bebernya.

Menanggapi tuntutan tersebut, Ketua Tim Penjaringan Pilkada Partai Gerindra Kalteng, Endang Susilawatie, menjelaskan bahwa pendaftaran calon gubernur, wakil gubernur, bupati, dan wali kota di Kalteng telah dibuka secara umum. "Tuntutan dari beberapa kader adalah hal yang biasa dalam politik dan akan kami sampaikan ke DPP Partai Gerindra," katanya.

Endang menegaskan bahwa pihaknya akan patuh terhadap keputusan DPP. "Kami menyerahkan keputusan ini kepada DPP Partai Gerindra dan akan tunduk pada apapun yang menjadi keputusan DPP," tandasnya.

Sebelumnya, DPP Partai Gerindra telah mengusung Agustiar Sabran dan Edy Pratowo sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada Pilkada 2024, yang diumumkan oleh Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani, pada Senin (22/7/2024).

Previous
« Prev Post